Bisa dibilang Ayam Organik masih kalah pamor dibandingkan dengan ayam daging broiler biasa, dan masih belum banyak ditemukan dipasaran. Kalaupun ada, anda harus mencarinya diluar pasar tradisional maupun pasar modern. Dari segi harga bisa dibilang harga ayam organik bisa mencapai 2x lipat harga ayam broiler biasa. Mengapa?

Dilihat dari definisi makanan organik merupakan makanan yang diproses dengan cara berbeda dari produk pertanian atau peternakan konvensional. Sebagai contoh daging, ayam organik diberi pakan hanya dari pakan organik saja, Ayam organik menerima diet seimbang tanpa vaksin, hormon pertumbuhan kimia dan Minuman ayam pun tanpa vitamin dan obat-obatan kimiawi,diganti dengan jamu-jamuan dan herbal, yang membantu mengurangi kecenderungan penyakit. Penggunaan antibiotik tidak dapat digunakan dalam peternakan ayam organik.

Masih banyak orang yang belum percaya akan besarnya manfaat Ayam Organik, mungkin karena pertimbangan harga yang bisa dibilang lebih mahal. Tapi tahukah anda Peternakan ayam organik lebih bersih dan mungkin lebih ramah lingkungan, karena hasil investigasi dilapangan Kotoran Ayam organik ternyata dimanfaatkan oleh petani disekitar peternakan dijadikan Pupuk Organik. Memilih ayam atau daging lain yang tidak mengandung antibiotik dapat membantu mencegah perkembangan dari strain bakteri resisten. Anda mungkin memilih ayam organik karena tampaknya menyiratkan bahwa ayam itu diperlakukan dengan cara yang lebih manusiawi selama hidupnya. Beberapa orang menemukan mereka lebih suka rasa ayam organik.

Dilihat dari penampilan fisik, Ayam organik memiliki keunggulan seperti dagingnya berwarna kemerahan, seratnya halus dan padat, kadar air lebih rendah, kandungan lemak lebih sedikit, dan ukuran ayam organik cenderung lebih kecil dibanding ayam broiler biasa, dari bau cenderung tidak berbau, namun dari rasa lebih gurih. Ayam organik juga memiliki jumlah protein 2 kali lipat lebih tinggi dari ayam kampung biasa, sekitar 15,15 g/100g.

Seringkali unggas komersial dibesarkan sering mengandung hormon, antibiotik dan jumlah jejak pestisida, yang semuanya dapat membahayakan kesehatan. Antibiotik yang digunakan dalam ayam komersial dibesarkan mungkin menjadi salah satu faktor yang menyebabkan resistensi kuman bakteri pada beberapa orang, bahkan sejumlah kecil hormon dapat memiliki efek besar, menurut "Consumer Reports," mungkin meningkatkan risiko kanker dan kecenderungan pubertas lebih awal. Ayam komersial yang dibesarkan juga dapat terkena kontaminan lain, seperti logam berat yang muncul dalam beberapa makanan ayam komersial.

Ayam organik cenderung memiliki lemak lebih sedikit daripada ayam broiler biasa yang dibesarkan. Potongan lebih ramping daging ayam membuat pilihan protein lebih sehat, dan mempercepat waktu memasak untuk membuat pilihan praktis untuk memasak sehari-hari.

Manfaat lain dari ayam organik adalah rasa, cenderung lebih lembut dan memiliki rasa yang lebih kompleks. Untuk Kesehatan sendiri, makanan organik membantu kualitas hidup lebih sehat dan lebih ramping.

Keunggulan Lain Ayam Organik:
Ø DOC dipastikan bebas vaksin hormon sejak menetas
Ø Seluruh ayam diberi pakan organik tanpa hormon-hormon kimiawi
Ø Minuman ayam tanpa vitamin dan obat-obatan kimiawi,diganti dengan jamu-jamuan dan herbal
Ø Penyembelihan ayam dilakukan dengan komitmen penuh secara syar'ie
Ø Bebas penyakit ternak serta bebas flu burung dan hamapengunjung
Ø Bebas TIREN
Ø Sertifikasi sehat hasil uji laboratorium UNPAD dansertifikat halal MUI secara berkesinambungan

Keunggulan Kualitas Ayam Organik
Sumber:
1. http://www.livestrong.com/article/66416-benefits-organic-chicken/
2. http://mhoschi.blogspot.com/

This entry was posted in , Bookmark the rel='bookmark'>permalink.

0 comments:

Post a Comment